Rabu, 04 Januari 2012

PMDK, Bidik Misi, dan SNMPTN


Tak terasa masa-masa SMA hampir berlalu. Kesibukan sudah mulai terasa bagi mereka, para pencari kursi mahasiswa di berbagai perguruan tinggi maupun universitas. Berbagai ragam persiapan mereka lakukan demi mendapatkan kursi tersebut. Bahkan, persaingan perebutan sangat kompetitif setiap tahunnya di pendidikan tinggi favorit. Banyak sekali siswa lulusan yang ingin melanjutkan pendidikan di sana. Tentu saja, semakin banyak pendaftar, semakin besar pula tingkat persaingan perebutan kursi mahasiswa. Untuk itu, sangat diperlukan perencanaan sedini mungkin, persiapan yang matang, serta doa dan rasa optimis yang tinggi. Itu dilakukan untuk "memuluskan" jalan menuju pendidikan tinggi. Kementerian Pendidikan Nasional telah dan terus memberikan kemudahan bagi mereka yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Berbagai istilah penerimaan mahasiswa sering terdengar di telinga kita, mulai dari PMDK, Bidik Misi, hingga SNMPTN. Mari kita bahas





PMDK                                                                          
PMDK merupakan kependekan dari Penelusuran Minat Dan Kemampuan. Sesuai dengan namanya, PMDK ditujukan untuk mencari bibit-bibit muda yang unggul dalam kemampuan, bakat, maupun minat yang dimilikinya dengan nilai mata pelajaran di SMA yang kemungkinan besar juga diperhitungkan. Tidak seluruh pendidikan tinggi menerapkan sistem PMDK dalam pencarian mahasiswa baru, sebagian pendidikan tinggi
menerapkannya dan sebagian lainnya tidak. Dalam sistem ini, peserta dapat memilih program-program studi yang ada di universitas atau institut tersebut. Sistem pelaksanaan PMDK suatu universitas atau institut dapat berbeda dengan universitas atau institut lainnya. Tata cara penerapan PMDK bergantung pada kebijakan tiap universitas maupun institut.



BIDIK MISI                                                                   
Bidik Misi adalah sebuah keringanan yang diberikan oleh Kementerian Pendidiken Nasional kepada para lulusan yang memiliki prestasi tinggi namun memiliki keterbatasan biaya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.Info lebih lengkap klik Website Bidik Misi atau Kemdiknas. 



SNMPTN                                                                     
Kepanjangan dari SNMPTN adalah Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi  Negeri. Sistem ini diselenggarakan oleh Kemdiknas guna mempermudah para calon mahasiswa. Ujian dileksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Sistem ini menguntungkan para mahasiswa karena menghemat waktu dan biaya. Unntuk lebih lengkapnya, klik Wikipedia.







DODOARDILESBLOG 2012
www.dodoardiles.blogspot.com
PENGETAHUAN TIADA BATAS

Artikel ini :

0 komentar:

Poskan Komentar

Mari Budayakan Berkomentar Setelah Membaca. dodoArdiles menerima segala komentar berupa kritik, saran, pujian, dan pertanyaan atas artikel yang telah anda baca di atas. Isilah komentar di bawah ini.