Jumat, 03 Januari 2014

SNMPTN 2014 Sebentar Lagi, Tips ini Cocok Dibaca


Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2014 bentar lagi akan dimulai nih temen-temen seperjuangan. Tahap pertama yang bakalan mengawali seleksi yang ditunggu-tunggu ini adalah tahap pengisian PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa) mulai tanggal 6 Januari 2014 nanti (pas masuk pertama kali buat daerah Purwodadi dan sekitarnya hehe..). Buat info terakurat seputar teknis SNMPTN 2014, pergi ke situs resminya aja di www.snmptn.ac.id.

Serangkaian keribetan tadi gak perlu kita pusingkan karena bakalan diurusin sama sekolah kalian pastinya. Yang jelas yang perlu kalian persiapkan adalah PTN dan prodi (program studi) mana yang kita inginkan. Ini sangat penting dan mendasar buat kita, karena pemilihan ini butuh buanyaak pertimbangan, mulai dari jarak PTN, lokasi, biaya UKT prodi, prospek ke depan, dan minat kita sendiri.

Nah, yang terakhir tadi yang paling penting versi blog ini karena kalian akan menggeluti prodi yang kalian pilih nantinya. Kalau nggak ada minat dari diri sendiri sama tu prodi, bisa-bisa nantinya malah berhenti di tengah jalan karena gak kuat sama tekanan materi prodi yang gak disukainya (banyak loh yang kayak begini, src: surfing internet). Kalo udah gitu kita akan mengalami the complexity of the rugi, hehe, rugi waktu, biaya, dll.

Nah itu yang pertama, yang kedua yang gak kalah pentingnya kita perhatiin adalah prospek ke depan. Pada dasarnya kita kuliah untuk mempersiapkan diri kita di dunia kerja. Oleh karena itu, prospek kerja ke depan suatu prodi musti kita perhatiin. Banyak banget kan para sarjana yang menganggur.

Selanjutnya adalah masalah biaya UKT yang perlu kita bayar per semesternya. UKT (Uang Kuliah Tunggal) adalah biaya kuliah satu-satunya yang perlu dibayarkan mahasiswa per bulannya. Jadi pengeluaran-pengeluaran yang macem-macem namanya itu dijadiin satu bernama UKT ini. Tentu harus kita sesuaiin sama kantong bapak dan ibu alias papah dan mamah alias babe dan enyak tercinta. Akan jadi masalah kan kalau di tengah-tengah masa kuliah orang tua kalian kebingungan cari duit buat bayar biaya kuliah kalian. Gak masalah kalau kalian bisa mandiri bayar UKT sendiri sih.

Keempat adalah lokasi. Pengen deket sama ortu? Pilih PTN yang deket-deket aja. Pengen ngejar PTN idola walaupun tempatnya jauh dari rumah? Monggo silakan. Ini adalah kebijakan pribadi :)

Yang selanjutnya juga penting, yakni akreditasi prodi di PTN yang kamu tuju. Akreditasi menunjukkan kualitas dan kualitaslah yang dicari di dunia kerja. Buat ngelihat akreditasi prodi PTN klik http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php.

Kayaknya itu sedikit pretimbangan dalam memilih prodi di SNMPTN 2014. Salam sukses buat temen-temen semua. Semangat dan choose your future on SNMPTN 2014 :D

Jumat, 16 Agustus 2013

Cara Menampilkan Opsi Hibernate di Menu Power di Windows 8

Selamat berjumpa lagi, masmbak tercinta. Kita tahu, sekarang musim Windows 7 sudah mulai ter-update dengan musim yang namanya musim Windows 8. Buat yang baru kenal sama ini sistem operasi pastinya masih sesekali bingung buat nyari sesuatu yang udah "pindah alamat" di Windows 8.

Memang dengan tampilan barunya, beberapa perubahan dilakukan oleh pengembang ni OS. Seperti yang kita tahu sejak dulu misalnya, tampilan menu Start. Selain itu, tombol Shut Down juga "berpindah alamat".

Di Windows 7, kita biasa melakukan perintah Shut down dengan mengklik menu Start, kemudian tinggal klik Shut Down dan selesai, wassalam. Tapi, di Windows 8 pilihan Shut Down dimigrasi ke menu Charm Bar. Tahu menu Charm Bar? Itu loh yang kalau mouse diarahkan ke pojok kanan atas atau bawah, maka akan muncul menu-menu. Nah itu menu Charm Bar namanya. Selain itu, untuk menampilkannya juga bisa menggunakan shortcut Windows + C.

Eh, tapi yang akan kita bahas sekarang adalah gimana caranya menampilkan pilihan Hibernate di menu Power. Secara default, menu Power hanya berisikan Shut Down, Restart, dan Sleep. Padahal, pilihan Hibernate juga tidak kalah berguna bagi kita (bahkan saya lebih sering pakai Hibernate daripada Shut Down). Nah, ini dia solusinya.
  • Pertama, masuk ke Control Panel. Bisa klik kanan ikon Start terus klik Control Panel, atau pake cara lain, terserah.
  • Lalu, klik System and Security
  • Klik Power Options setelah itu.
  • Pilih tab Choose what the power buttons do.
  • Nah, abis itu klik Change settings that are currently unavailable seperti pada gambar.
  • Setelah itu, centang kotak Hibernate-nya dan tinggal klik Save Changes deh..
  • Selesai, wassalam. Ini nih gambar-gambarnya biar lebih ahay. Klik biar tambah gede.






Minggu, 11 Agustus 2013

Cara Membuat Stiker dengan Printer Inkjet Biasa

Stiker. Siapa yang tak kenal dengan benda menarik yang satu ini. Siapa pula yang tidak suka dengannya, masmbak pasti suka kan. Stiker banyak dijumpai di berbagai sudut dan di berbagai tempat. Di lemari ada, di kamar ada, di tempat umum ada, di helm ada, di pintu ada, di mana aja ada. Tidak heran memang bila stiker bagitu favorit di masyarakat, karena dapat menjadi penghias ataupun sebagai "pengisi" sesuatu yang kosong di suatu lokasi.

Harga stiker sangat variatif, mulai dari harga Rp 1000,- perak per lembarnya, hingga puluhan ribu rupiah. Semua bergantung pada bahan, alat, dan proses pembuatannya. Salah satu cara pembuatan stiker adalah dengan cara digital printing. Dan tahukah masmbak, kalau printer biasa (inkjet rumahan) bisa dimanfaatkan untuk membuat stiker yang cantik? Penasaran? Ini dia hasilnya.


Nah, menurut Ardiles ini patut dicoba buat masmbak yang tertarik di bidang percetakan atau hanya sekadar iseng-iseng penasaran. Ini dia material-material yang masmbak perlukan.

  1. Kertas stiker non-glossy (tidak mengkilap/seperti kertas biasa)
  2. Stiker transparan
  3. Penggaris
  4. Gunting
  5. Cutter
  6. Komputer
  7. Printer
Ini step-by-stepnya :

2. Carilah gambar yang Sobat iinginkan di internet
CARA MEMBUAT STIKER ANGRY BIRD
contoh : angry bird
3. Editing lah gambar yang diinginkan di komputer, bisa pakai program Corel Draw ataupun Photoshop, Sesuai yang kalian kuasai
CARA MEMBUAT STIKER ANGRY BIRD
disini saya memakai illustrator

4. printlah gambar yang sudah di edit diatas kertas stiker HVS


CARA MEMBUAT STIKER ANGRY BIRD
ini contoh hasil printnya

5. Tempelkan stiker bening diatasnya, hati-hati saat sampingnya sudah nempel dan rapih, pelan-pelan tempelkan seluruhnya ke atas gambar dengan menggunakan penggaris, agar tidak ada gelembung udara didalamnya.
Cara Membuat Stiker Sendiri Menggunakan Printer
tempel hati-hati, dan rapihkan kekanan dg menggunakan penggaris

Cara Membuat Stiker Sendiri Menggunakan Printer 
Ini hasil jadi stlh ditempel stiker bening
Oh iya, tujuan ditempelin stiker bening soalnya biar warnanya ga luntur en ga pudar pastinya 
6. setelah tertempel semuanya dan rapih, guntinglah sesuai selera, bisa mengikuti alur gambar atau berbentuk kotak. bisa menggunakan gunting atau cutter yang ujungnya lancip, agar mudah membentuk goresannya.
Dan inilah hasil beberapa stiker yang aku buat dan anak-anak senang sekali dapat oleh-oleh ini :


Sumber : www.aziscs1.com








Jumat, 09 Agustus 2013

Cara Membuat Polling Online via Google Drive


Apa kabar mas-mbak? Mudah-mudahan sehat selalu. Gerak cepat, di kesempatan kali ini kita akan membahas gimana caranya membuat polling/jajak pendapat secara online. Banyak sekali media/cara yang bisa kita gunakan untuk membuat polling online. Bisa langsung menggunakan gadget polling (untuk Blogger user) atau menggunakan media lain, seperti Google Drive. Sebelum kita ke step-by-step-nya, kali ini kita akan berkenalan dulu dengan Google Drive. Siapakah dia?

Google Drive merupakan salah satu produk istimiwir Google yang dapat kita gunakan untuk menyimpan data berupa dokumen serta membuat berbagai macan macam dokumen secara online. Dokumen yang kita simpan di sini dapat mas-mbak atur untuk dapat dilihat secara umum atau pun hanya untuk keperluan pribadi. Google Drive bisa mas-mbak gunakan untuk membuat polling online. Caranya? Ini dia.
  • Mas-mbak akan diarahkan ke halaman editornya formulir.
  • Pertama-tama, pilih template formulirnya. Ini akan menjadi tampilan polling mas-mbak nantinya.
  • Selanjutnya, tinggal edit-edit deh. Masukin deskripsi formulir, judul pertanyaan, teks bantuan (opsional), jenis pertanyaan (untuk polling dengan pilihan yang dipilih hanya boleh satu, pilih Pilihan Berganda).
  • Untuk menambah opsi/pilihan polling, klik Klik untuk menambahkan opsi atau Tambahkan Lainnya
  • Mas-mbak juga bisa menambah lagi pertanyaan dengan mengklik Tambahkan Item dan memilih salah satu model pertanyaannya.
  • Setelah selesai dengan edit-editnya, klik Lihat Bentuk Jadi untuk melihat hasilnya.
  • Jika sudah sreg dengan hasilnya, kembali lagi ke tab editor dan klik Kirim Formulir di bagian pojok kanan atas. Mas-mbak bisa meng-copypaste-kan link URL di sana atau bisa menyebarluaskannya lewat Facebook, Twitter, dan Google+.

Itulah cara membuat polling online menggunakan Google Drive. Nah, untuk melihat hasil votingnya, klik Tanggapan > Ringkasan Tanggapan.

Sekian, semoga bermanfaat.